Cara Menjaga Agar Mesin Genset Awet

Sabtu, 05 Juni 2010

Genset adalah pembangkit listrik dengan menggunakan diesel untuk menghasilkan tegangan listrik sesuai dengan kapasitas dari setiap masing-masing tipe.
Genset sendiri dalam penggunaanya sering melebihi batas waktu operasional,oleh karena itu kemampuan mesin akan cepat menurun apabila tidak disertai dengan perawatan dan penangannan yang baik.Dari bahasan ini saya akan berbagi tetang perawatan mesin ini agar bisa awet dan menghasilkan tenaga yang prima,mungkin ada orang yang lebih mengerti dari pada saya,tapi saya akan menulis dengan apa yang saya ketahui apabila masih ada kekurangan mohon bantuannya...
Cara Perawatan genset sendiri sebenarnya simpel yaitu hanya seperti kendaraan bermotor biasa yaitu:
1.Penggantian oli mesin setelah genset beroperasi 250 jam.
2.Penggantian part seperti fuel filter,oil filter setiap 250 jam.
3.Pembersihan saringan udara dan lakukan penggantian apabila sudah dilakukan pembongkaran sebanyak 6 kali
4.Lakukan pengecekan berkala tegangan yang dikeluarkan oleh genset
5.Operasikan genset pada rpm 1500 karena ini akan membantu proses pendinginan berjalan sempurna oleh radiatornya,juga membantu tekanan oli bekerja baik pada mesin genset.
6.Jangan memaksa genset beroperasi dengan beban Kwh yang berat terlalu lama,kalo memang bisa lakukan singkron atau paralel ke genset yang stanby...cara singkron ada di arikel sebelumnya.
Inilah sedikit tips agar mesin genset kita awet dan memiliki performa yang selalu baik.semoga bermanfaat kalo ada kekurangan mohon dimaklumi.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP