Cara Mendayagunakan Pikiran Dengan Baik

Kamis, 10 Juni 2010

Terkadang kita mengalami kebingungan terhadap suatu masalah yang mungkin susah untuk dicari solusinya,ini sebenarnya bukan masalahnya yang rumit tetapi kita belum sesungguhnya memakai pikiran kita dengan tepat.
Dari sumber yang pernah saya baca ("Buku:Menguak Misteri Kecerdasan Manusia" karya Wahyu Nurrahman) disana diterangkan tentang Bagaimana cara kita mendayagunakan pikiran agar hasil yang didapatpun maksimal.Ada 6 cara untuk mendayagunakan pikiran yaitu:
1.Dengan berfikir sehat.
Karena cara berfikir sehat adalah sumber dari perilaku kita dan sumber dari segala ide,sehingga apabila didayagunakan dengan tepat maka akan menjadi kekuatan sehingga segala sesuatu akan mudah untuk dilaksanakan.Karena dengan berfikir sehat maka kita bisa berfikir tentang hal yang baik segaligus hal yang buruk sehingga seseorang akan bisa menerima sesuatu dengan bijaksana apapun kenyataannya.
2.Berfikir secara mendalam.
Seringkali kita dalam menempuh tujuan selalu berfikir setengah-setengah sehingga hasil yang didapatpun tidak seperti dengan keinginan.Dengan berfikir setengah-setengah,pendek dan terbatas hanya dipermukaan berati seperti bangunan yang terbengkalai,tidak selesai dibangun karena kurangnya anggaran atau bisa jadi ada kesalahan dalam merencanakannya.Maka dengan berfikir yang mendalam atau matang akan menunjukkan tingkat dan kualitas kita lebih tinggi dari pada mereka yang malas dalam mendayagunakan pikiran.
3.Dengan Berfikir Kedepan.
Sesungguhnya tidak ada yang sulit bagi mereka yang mau berfikir.Masa depan adalah kondisi yang akan datang secara otomatis dan tidak bisa ditunda.Sehingga kita perlu berfikir dengan apa yang kita kerjakan hari ini,karena hari ini akan menentukan hari esok,dan bahkan menentukan untuk masa depan.Jadi dengan berfikir yang baik akan menentujkan masa depan yang baik pula.Dan takut atau bahkan menghindari resiko merupakan sikap yang tidak mencerminkan kemajuan.
4.Berfikir dan Bertindak.
Mungkin boleh saja memiliki pikiran yang hebat tapi itu akan menjadi sia-sia apabila tidak dibarengi dengan suatu tindakan yang nyata,karena dengan segera bertindak maka apa yang kita pikirkan akan mengalami perubahan atau bisa menciptakan keuntungan.Kecepatan dalam Berfikir dan bertindak akan menciptakan kekuatan yang mampu menghasilkan keberhasilan.
5.Berfikir Secara Kreatif.
Kekreatifan seseorang merupakan karunia Tuhan YME yang besar bagi kita manusia.Karena banyak orang bisa berfikir dan melaksanakan dengan baik tetapi sedikit orang yang mampu menciptakan dengan baik.Dan yang sedikit inilah yang utama dan berkualitas baik.Karena dengan berfikir kreatif dan inovatiff menunjukkan seseorang berani bertindak secara tepat dan berani menciptakan kebaruan.
6.Dengan berfikir hal-hal yang besar dan menguntungkan.
Sebaiknya adalah kita berfikir tentang hal besar dan menguntungkanapabila ingin mencapai kemajuan.Saatnya bagi kita untuk mengambil posisi kedepan dengan tidak takut berfikir besar.
Pikiran kita adalah wujud realitas hidup kita,gambaran yang nyta dari kelebihan dan kekurangan kita,atau bahkan cermin dari kenerhasilan atau kegagalan kita.
Demikianlan hukum pikiran yang harus kita sadari agar apa yang kita pikirkan bisa bermanfaat dan berdaya guna,sehingga tidak sia-sia kita menjadi khalifah di muka bumi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP