Membahas Pengelohahan Kelapa Sawit

Senin, 07 Juni 2010

Dipostingan kali ini saya akan mengulas tetang Pengolahan Minyak Kelapa Sawit yang mulai bahan baku dari kebun sampai berwujud Crude Palm Oil (CPO),ya mungkin tidak detail tetapi akan saya bagi apa yang saya tau dari pengalaman.
Untuk bahan baku sendiri kualitas buah dibedakan menjadi 3 yaitu,buah mentah ,buah matang dan buah busuk.
Trus ciri-cirinya apa bisa dikatakan buah mentah,buah matang dan buah busuk?
Baiklah ini akan saya beri ciri-ciri utamanya:
1.Buah Mentah:
- warna buah cenderung masih hitam,belum membrondol
2.Buah Matang:
-Warna buah sudah kemerahan atau orange dan buah sudah membrondol 10 biji
3.Buah Busuk:
-Buah yang sudah membrondol lebih dari 10 biji.
Dengan memahami bahan baku maka akan membantu proses pengolahan buah untuk menghasilkan CPO yang berkualitas.
ALUR PROSES PENGOLAHAN KELAPA SAWIT
Buah dari kebun dibawa ke pabrik pengolhan buah sawit untuk mengalami proses lebih lanjut.
Didalam pengolahan buah sawit mengalami beberapa tahapan yaitu perebusan,pemipilan,pengepresan
dan ini inilah alur proses pengolahan kelapa sawit
1.Buah dari kebun dibawa ke pabrik dimasukkann ke loading ramp kemudian dilakukan perebusan di sterelizer kemudian dilakukan pemipilan di alat yang namanya threser kemudian dilakukan pelumatan di digester dan pengepresan di pressing disini menghasilkan dua produk padatan dan cairan.Untuk cairan akan menghasilkan produk CPO dan untuk padatan akan menghasilkan produk KERNEL,Cukup ini dulu yah untuk kekurangan ntar saya bahas di posting berikutnya yaitu membahas secara detail bagian -bagian di dalam pabrik kelapa sawit,soalnya nie mau berangkat kerja dulu untuk postingan berikutnya saya Insya'allah akan menulis tentang apa itu loadingramp,sterelizer,threser,pressing,digester,clarification,kernel depericarper dll.pokoknya seputar pabrik sawit...

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Noblarum by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP